You Are Reading

0

Mualaf Inggris Semangat Berangkat Haji

Aldiy Ibn Abdullah Senin, 22 Oktober 2012



Hidayatullah.com—Sekitar 25.000 Muslim Inggris akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci tahun ini, banyak di antara mereka adalah orang Inggris yang baru menganut agama Islam, lansir Al Arabiya (16/10/2012).


Salah satu mualaf itu adalah Mikael. Awalnya dia mencari tahu agama-agama lain untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya. Namun setelah Islam menarik perhatiannya, Mikael menghabiskan waktu 4 tahun untuk mempelajarinya sebelum dia mantap mengikrarkan dua kalimat syahadat.

“Latar belakang saya Kristen Lutheran. Saya berpikir mengenai Buddhisme, meditasi dan hal-hal semacam itu. Namun akhirnya saya menemukan Islam yang masuk akal untuk membawa kedamaian dalam diri saya.”

Kebanyakan mualaf di Inggris cenderung untuk bersegera menunaikan ibadah haji begitu mereka paham, meskipun biayanya tinggi.

Mikael mengatakan ia bermaksud menunaikan haji bersama istrinya, Aminah. Keduanya mengikuti pelatihan yang menjelaskan bagaimana haji dilaksanakan dan apa saja ritualnya, selama beberapa hari sebelum melakukan perjalanan spiritual ke tanah suci Makkah.

Perjalanan itu membuatnya semangat, ingin sekali segera melihat dengan mata kepalanya sendiri seperti apa Padang Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Saat mengikuti manasik haji Mikael berkata, “Saya datang ke sini untuk belajar tentang ritual haji dan berusaha menguasai semua ibadah dasar, menghapal semua doa dan hal-hal yang saya harus lakukan. Dan tentu saja saya harus menunaikan ibadah haji bersama istri.”

Aminah, sang istri, adalah guru pembimbing agama bagi Mikael.

Wanita bercadar itu berkata, “Saya berharap saya akan menjadi pendukung baginya. Kami berdua berniat untuk melakukan ibadah haji ini dan alhamdulillah Allah telah membuatnya mudah bagi kami berdua, dengan memberikan kesempatan pada kami untuk mengunjungi tanah suci.”

Sebuah studi yang dilakukan kelompok lintasagama di Inggris mengungkap, lebih dari 5.500 pria dan wanita Inggris masuk Islam setiap tahunnya. Sensus tahun 2001 menyebutkan jumlah Muslim Inggris mencapai 1,59 juta dari total populasi Inggris 57,1 juta jiwa.

Namun, berdasarkan laporan terbaru mengenai agama di Inggris menyebut bahwa jumlah Muslim di negara kerajaan itu melebihi 2,8 juta orang, tulis Al Arabiya.*


ENTRI TERKAIT

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 JalurIslam